BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Demi Tegaknya Keadilan, Ratusan Massa SPKN Riau Gelar Aksi Unjuk Rasa

Pekanbaru | Ratusan masa yang tergabung dalam Solidaritas Peduli Keadilan Nasional (SPKN) menggelar aksi unjuk rasa damai ditiga tempat yang berbeda Rabu (10/5/2023). Unjuk rasa digelar di Mapolda Riau, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau dan Polsek Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau. 

Dalam aksinya masa mendesak Polda Riau melepaskan  Ventanius  Magiring  Gultom dalam perkara Pencurian  dalam keluarga yang ditangani Polsek Pingggir Bengkalis. 

Kordinator aksi yang juga Sekjen DPP-SPKN, Romi Frans  dalam  orasinya menyebutkan,  penanganan kasus Ventanius  Mangiring M Gultom dalam perkara pencurian dalam keluarga  yang  ditangani Polsek Pinggir dinilai cacat hukum dengan berbagai alasan, bebernya.

"Demi keadilan,  kami mendesak Kapolda Riau, Irjen Iqbal untuk mengehentikan kasus tersebut" ucapnya.

Pantauan media ini peserta  aksi membawa  beberapa spanduk yang bertulikan  "Hentikan perkara  Ventanius Mangiring Gultom.

Kapolda Riau Riau Irjen M Iqbal diwakili Kasubdit 3 Polda Riau Asep mengatakan, perkara Venantius Mangiring Gultom sedang tahap I dan akan segera tahap II dan berkas ini pihak kejaksaan sudah tahu.

"Terkait dengan Legal standing pelaporan melaporkan Venantius Mangiring Gultom tidak dapat dijelaskan, dan mengenai hasil gelar perkara yang dilakukan di Polda Riau Pada tanggal 16 Maret 2023 tidak menyatakan harus menerbitkan SP3 Lidik," terang Asep.

Asep menyebutkan, mengenai alat bukti berupa kesepakatan tahun 2018 dan 2019 yang dijadikan alat bukti oleh Penyidik Polsek pinggir tidak dapat dijelaskan namun malah menganjurkan menguji di Pengadilan karena itu merupakan ranah perdata. 

"Segala keberatan dari pihak keluarga dan PH terlapor pihak Polda malah menyatakan agar itu dilakukan upaya hukum seperti Praperadilan yang sudah diatur dalam undang-undang.Kasus Venantius Mangiring Gultom akan tetap dikawal sehingga Penyidik Polsek Pinggir dapat bekerja dengan transparansi," jelas Asep. 

 Asep berterimakasih atas unjuk rasa yang diadakan SPKN sehingga kasus Venantius Mangiring Gultom akan tetap dikawal sehingga Penyidik Polsek Pinggir dapat bekerja dengan transparansi.

 Kejati Riau diwakilkan  Kaspenkum Kejati Riau Bambang menerima dan akan melanjutkannya ke pimpinannya mengenai aspirasi berupa tuntutan dari SPKN yaitu hentikan kasus yang dituduhkan kepada Venantius Mangiring Gultom dan segera keluarkan SKP2 Karena proses penyidikannya sudah bermasalah. 

(Anhar Rosal/A-R)

Posting Komentar

0 Komentar