BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

SMK KAL-1 Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Bagi Siswa Kelas XII

Surabaya, (14/02) | 199 Siswa SMK KAL-1 Surabaya selama 3 Minggu mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dengan melibatkan beberapa penguji dari instansi luar/ dunia industri yang selama ini telah menjalin kerjasama dalam pengembangan pendidikan vokasi bagi SMK KAL-1.

Kepala Satuan Pendidikan (Kasatdik) SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd kepada awak media menyampaikan bahwa 199 siswa mulai Senin,(12/02/24) melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) terdiri dari 5 jurusan yang ada di SMK KAL-1 . Jurusan Teknik Pemesinan (TPM) 50 siswa, jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 64 siswa, jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) 37 siswa, jurusan Teknik Audio Video (TAV) 18 siswa dan Teknik Logistik (Tek.Log) 30 siswa.

Munawar ,S.Pd., M.Pd lebih jauh menuturkan bahwa SMK KAL-1 Surabaya merupakan salah satu dari SMK yang bernaung di Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah, melaksanakan UKK ini sebagai indikator pencapaian standar kompetensi kelulusan. Nantinya sertifikasi yang diperoleh menjadi sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki peserta didik. Disamping itu menurutnya, UKK merupakan salah satu upaya dari pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan SMK. Diharapkan melalui program ini, SMK bisa menghasilkan lulusan yang berkompeten.

Pelaksanaan UKK SMK KAL-1 dari masing-masing jurusan memberikan materi yang berbeda sesuai dengan kurikulum saat ini. Jurusan TPM memberikan materi UKK berupa paket 1 Handel dan poros , paket 2 Handel pemutar dengan waktu pengerjaan 12 jam dan mendapat pengawasan langsung dari tim penguji Misdi, S.T selaku supervisor dari CV. Sahabat Teknik, UKK pada jurusan ini melibatkan 7 kelompok.

Pada jurusan TKR, sebagai penguji Moh Saichuddin sebagai foreman PT ASCO Mobilindo Jemursari bengkel Daihatsu dengan materi Sistem transmisi manual, Sistem rem/ brake kendaraan, Sistem kelistrikan body kendaraan dan Tune up kendaraan.

Sementara itu jurusan TITL materi UKK meliputi Instalasi kontrol dan Daya, instalasi penerangan jalan umum, Instalasi kontrol dan daya, pengasutan motor induks 3 phasa star- delta denganpenguji Sugeng Hariyanto dari (PT. PELNI GALANGAN SURYA).

Dan pada jurusan TAV materi UKK berupa produk Amplifier Stereo dengan penguji Sriyanto dari JS Natural Audio dan Prima Renaldy S.Pd dari CV.Inovasi Media Vokasi.

Untuk jurusan Teknik Logistik UKK baru akan di mulai pekan depan dengan materi UKK yang diujikan meliputi Processing dan Warehousing yang meliputi proses inbound, outbond, dokumen administrasi pergudangan, dan pengoperasian software pergudangan. Ada 2 penguji external, yaitu dari PT. Golden Ocean International dan PT. Exim Jaya Abadi.

Selama berlangsungnya UKK para Kaprodi dari TKR Annas Waluyo Jati, S.Pd, Kaprog TPM Elly Rahmawati, S.Pd., M,PD, Kaprog TITL Supriyanto, S,T, Kaprog TAV Dadang Setiono, S.Pd., M.Pd dan Kaprog T.Log Arina Salsabilah, S.Pd selalu mendampingi siswanya beserta pendukung dari dunia kerja sebagai tim penguji sehingga hasil akhir UKK ini akan di terbitkan sertifikat kompetensi bagi siswa yang di nyatakan berkompeten.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar