BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Pemerintah Mendahulukan Kepentingan Rakyat, Keadilan Sosial Diwujudkan

Oleh Labai Korok Piaman

Masyarakat tidak pernah lupa bahwa Tragedi Stadion Kanjuruhan menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit. Sebanyak lebih kurang 127 orang dilaporkan meninggal dunia dan ratusan lainnya dirawat di rumah sakit (RS).

Penonton Mereka kecewa dan langsung berhamburan masuk ke lapangan dengan meloncati pagar, membuat situasi tak terkendali. polisi menembakan gas ari mata.

Situasi makin tak terkendali ketika pihak keamanan menembakkan gas air mata ke arah tribune penonton. Kasus Kanjuruhan ini, pertanyaan sejauh mana pemerintah, pihak berwajib berpihak pada keadilan sosial?.

Kasus terhanyir, kebakaran yang terjadi pada pipa BBM di Depo Pertamina Plumpang, Jalan Tanah Merah Bawah, Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam.

Dari media online menyampaikan bahwa sebanyak lebih kurang 19 orang menjadi korban meninggal dunia dalam kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Korban terdiri dari 14 orang dewasa dan lima anak-anak.

Data terbaru dari Posko Tanggap Darurat Koramil di Rawasari Selatan, Koja, Jakarta Utara, disampaikan oleh Danramil 01 Koja Mayor Infantri Ikhwan dikutip dari Antara, Minggu (5/3/2023).

Pertanyaan kasus kemanusiaan yang korbannya rakyat lemah. Apa sikap keberpihakan pada rakyat yang diperbuat oleh Pemerintah, Pertamina dan pihak lain yang berwenang. 

Lihat dimedia semua pihak masih saling lempar, saling menyalahkan, kegaduhan politik muncul, Anies yang sudah jadi capres juga disalahkan oleh lawan politik.  Ujungnya keadilan sosial buat rakyat pun dikesampingkan.

Saat ini Penulis melihat banyak keadilan sosial tidak berpihak kepada rakyat, tetap yang lemah dijadikan korban, yang berkuasa tetap memperlihatkan sikap tidak bersalah, tidak mau bertanggung jawab. Keadilan sosial yang tidak sesuai dengan Pancasila.

Idealnya menurut Penulis, apapun situasi yang terjadi maka Pemerintah harus berpihak kepada rakyat. Kita abil contoh kasus kebakaran yang terjadi pada pipa BBM di Depo Pertamina Plumpang, Tanah Merah, harusnya Depo Pertamina Plumpang dipindahkan dari didaerah padat warga sekarang ketempat yang baru.

Tidak mungkin masyarakat tanah merah yang dipindahkan. Jika warga tanah merah yang dipindahkan, akan dipastikan ada masalah baru muncul yaitu keadilan sosial tidak terwujud, diantaranya merusak tatanan budaya, menghilangkan mata pencarian, dan lainnya.

Penulis sangat setuju jika Pemerintah atau Pertamina yang bertangung jawab merelokasi Depo Pertamina Plumpang ke lahan baru yang aman, yang jauh dari kawasan penduduk. Serta tidak ada berdampak ke warga jika terjadi penyerangan dari negara lain seperti kejadian Rusia menghancurkan pusat BBM Ukraina.

Salah satu tempat pemindahan yang bagus Depo Pertamina ketempat yang jauh dari pemukiman warga DKI Jakarta. Tempat yang cocok itu ada di lokasi reklamasi, 17 pulau baru yang diberi nama dari pulau A hingga Q.

Jika kawasan reklamasi Teluk Jakarta atau Pulau Reklamasi di Teluk Jakarta bisa dibuat Depo Pertamina, ini merupakan kawasan daerah yang paling aman, kedepan tidak ada bencana terhadap rakyat, walapun terjadi perang.

Sikap kekuasaan mengalah terhadap rakyat, sikap Pemerintah berpihak terhadap rakyat untuk menjujung keadilan sosial perlu diwujudkan. Jangan korbankan rakyat, hati rakyat saja tidak boleh disakiti.

Walaupu saat ini keadilan sosial itu dicederai oleh para pejabat yang bergaya hedonis, bergaya pamer-pamer kekayaan didepan rakyat, menyebabkan akhirnya terjadi ketidak adilan sesama anak bangsa[*].

Posting Komentar

0 Komentar