BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Selama Empat Hari SMP Hang Tuah 1 Laksanakan Asesmen Bakat dan Minat (ABM)

Jakarta, (27/02) | SMP Hang Tuah 1 Jakarta mulai 26-29 Februari 2024 melaksanakan Asesmen Bakat dan Minat (ABM)  bagi 152 siswa kelas IX yang berlangsung di Ruang Lab Komputer SMP Hang Tuah 1 Jakarta.

Kepala Sekolah SMP Hang Tuah 1 Vitri Junistisia, S.Pd menyempatkan diri melihat dari dekat pelaksanaan proses Asesmen Nasional yang sedang belangsung di dua ruangan Lab Komputer dengan pengawas Guru  BK  Nanda Putri Oktaviani, S.Psi dan  Lia Karmila, M.Pd  staff Kurikulum.

Penyelenggaraan Asesmen Bakat dan Minat  Berbasis Komputer  bagi SMP Hang Tuah 1  jauh-jauh hari sudah disiapkan oleh  manajemen sekolah, dalam hal ini Wakil Kepala sekolah Purwanto, S.Pd

Pelaksanaan Asesmen SMP Hang Tuah 1  melibatkan 152 dengan materi tes  bakat terdiri dari Verbal, Kwantitatif, Penalaran, Figural, Mekanikal, Penggunaan Bahasa, Klerikal. Sedangkan  tes minat  mencakup minat dasar, minat metodis dan minat praktis. Para siswa peserta Asesmen menghadapi  soal 108 dan 140 yang di tempuh dalam 120 menit.  Selama empat hari Asesmen dilaksanakan dalam dua sesi, sesi pertama masuk pada jam 08.00 hingga jam 10.00 dan pada sesi dua jam 10.00 hingga jam 12.00 dengan peserta 20 siswa setiap sesinya dengan kendali Proktor Ruang Lab.Komputer  Syandi Yudha, S.M dan Novianti.

Asesmen Bakat dan Minat  ini merupakan program  Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek RI) Nadiem Anwar Makarim. Menurut  Mendikbudristek, Asesmen Nasional hanya sebagai penentu mutu sekolah bukan sebagai standar kelulusan siswa.

Menurut Kasatdik dalam percakapannya kepada awak media mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk SMP Hang Tuah 1 yang bernaung di bawah Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah, khususnya siswa  kelas IX karena dapat mengukur potensi peserta didik untuk memprediksi kemampuan dan ketertarikanya di bidang-bidang tertentu sesuai bakat dan minatnya. Tes ABM 2024 dilaksanakan dengan tes berbasis komputer secara online (CBT) Online.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar