BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Ketua Forum Nagari Pampangan, Erison: "PT. Semen Padang Serahkan Bantuan 1 Unit Ambulance Untuk Nagari Kita"

PADANG | PT Semen Padang melalui Unit Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan menyerahkan bantuan program Basinergi Mambangun Nagari (BMN) berupa 1 unit ambulance kepada Forum Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Kamis (30/11/2023).

Bantuan ambulance yang telah dilengkapi keranda jenazah itu, ditandai dengan penyerahan BPKB, STNK dan kunci mobil ambulance oleh Lurah Pampangan Nan XX, Afrizal Erman, kepada Ketua Forum Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX, Erison. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Kantor Forum Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX.

Turut hadir pada acara penyerahan ambulance Staf Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Unit CSR PT Semen Padang, Nurwan, yang hadir mewakili Kepala Unit CSR, Dedi Muhammad Sidiq, Staf KAN Nan XX Lubuk Begalung, Kasril Rj Intan, Ketua LPM Yusri Yusron, Ketua RT dan RW, Bundo Kanduang dan Ketua Pemuda Pampangan Nan XX Joni Iskandar.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis melalui Staf TJSL Unit CSR Nurwan menyampaikan bahwa bantuan ambulance ini diberikan sebagai bentuk kepedulian PT Semen Padang terhadap lingkungan dan berkomitmen dalam menjalankan TJSL yang berorientasi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

TJSL yang berorientasi pada pencapaian TPB ini, berpedoman kepada ISO 26000 sebagai panduan pelaksanaan program. Oleh karena itu, PT Semen Padang berharap bantuan ambulance ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan melakukan perawatan secara rutin agar pemanfaatan mobil ambulance ini bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang.

"Selain itu, dengan adanya ambulance ini, diharapkan dapat memberi solusi seperti persoalan mengantarkan warga Pampangan Nan XX yang meninggal dunia atau sakit," kata Dedi M Sidiq yang dihubungi terpisah.

PT Semen Padang pada tahun 2023 ini, lanjut Dedi, selain menyerahkan bantuan ambulance, juga telah menyerahkan berbagai bantuan program BMN ke masyarakat Pampangan Nan XX melalui Forum Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX. Di antaranya, bantuan Program Makanan Tambahan (PMT) untuk 12 Pos Yandu yang ada di Pampangan Nan XX, serta bantuan pendidikan berupa perlengkapan sekolah untuk masyarakat Rumah Tangga Miskin (RTM).

"Untuk itu, berbagai bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan taraf dan drajat kesejahteraan masyarakat Kelurahan Pampangan Nan XX. Apalagi, dalam penyerahan berbagai bantuan ini, Semen Padang melibatkan forum nagari agar penyerahan bantuan tepat sasaran. Dan, penyerahan bantuan melalui forum nagari ini sudah berlangsung sejak tahun 2017," ujarnya.

Lurah Pampangan Nan XX Afrizal Erman mengapresiasi PT Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan ambulance untuk warganya. Dan, bantuan tersebut tentunya semakin membuktikan bahwa PT Semen Padang sebagai perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tengggara, begitu peduli terhadap masyarakat Pampangan Nan XX yang merupakan bagian dari masyarakat lingkungan PT Semen Padang.

"Ini sebuah kebanggaan bagi saya sebagai lurah di Pampangan ini. Karena, Kelurahan Pampangan menjadi bagian dari masyarakat lingkungan Semen Padang. Dan, Semen Padang sudah sejak lama terus konsisten memperhatikan masyarakat lingkungan. Untuk itu, kepada masyarakat Pampangan, mari terus dukung kinerja Semen Padang," katanya.

Terkait bantuan ambulance ini, Lurah berpesan kepada Forum Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX agar menempatkan orang yang tepat untuk bertanggung jawab terhadap perawatan mobil ambulance bantuan dari PT Semen Padang ini. "Ini kerja sosial, utamakan keikhlasan untuk beramal. Makanya kami sarankan pengelola ataupun sopir yang mengendarai ambulance ini punya jiwa sosial yang tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX, Erison, menyampaikan bantuan mobil ambulance ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat Pampangan Nan XX, mengingat di Pampangan ada sekitar 15 ribu jiwa dengan 1 mobil ambulance. Dan, keberadaan 1 mobil ambulance ini tentunya tidak mampu untuk melayani masyarakat yang ditimpa musibah meninggal dunia atau pun sakit.

"Ambulance ini bantuan yang sudah lama kami harapkan dan kami tunggu-tunggu. Alhamdulillah, Semen Padang hari ini hadir di Pampangan Nan XX ini untuk menjawab kebutuhan kami dengan memberikan bantuan 1 unit ambulance. Untuk itu, saya mewakili masyarakat Pampangan mengucapkan banyak terima kasih kepada Semen Padang," kata Erison.

Terkait bagaimana pengelolaan mobil ambulance ini, Erison menyebut bahwa pihaknya akan merapatkan dengan unsur masyarakat yang terdiri dari Ketua LPM, RT dan RW. "Apakah pengunaannya digratiskan bagi warga Pampangan, kami akan diskusikan setelah ini. Dan, kami juga ada wacana untuk biaya perawatan kami ambil dari kotak amal yang akan kami sebar ke masjid-masjid yang ada di Pampangan," ujarnya.(*)

Posting Komentar

0 Komentar