BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Pangkoarmada III Pimpin Acara Focus Group Discussion Koarmada III Tahun 2024

SORONG, PBD, TNI AL/Koarmada III | Panglima Komando Armada (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr. Opsla,  memimpin acara Focus Group Discussion koarmada III Tahun 2024 yang dilaksanakan di Lobi Mako Koarmada III, Katapop Kab Sorong, Papua Barat Daya, dimana  tema yang diambil adalah “sinergitas konsep pertempuran dalam mewujudkan pertahanan laut nusantara di wilker koarmada III yang handal dengan memanfaatkan berbagai keunggulan lokal yang mampu menghadapi ancaman peperangan masa depan”.Kamis (21/03/24).

Dalam sambutannya Pangkoarmada III mengatakan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sifat dan karakteristik perang telah mengalami pergeseran. Konsep peperangan tersebut telah bergeser dari konsep peperangan konvensional yang mengutamakan kekuatan militer antar negara untuk saling bertempur di medan perang menjadi konsep peperangan non konvensional yang relatif baru, dimana kedua kekuatan tersebut cenderung tidak bertemu secara langsung di medan perang.

Lebih dari itu, memasuki abad ke-21 ini, konsep peperangan semakin berkembang menjadi konsep peperangan masa depan yang menekankan bagaimana kombatan harus dimodernisasi untuk menjaga kelayakan pertempuran mereka.

Lebih lanjut pada kesempatan tersebut Pangkoarmada III menyampaikan dalam menghadapi era peperangan masa depan tersebut,  Mabes TNI telah menyusun Strategi Pertahanan Negara (SPN).

Dengan mempertimbangkan hal tersebut maka perlu disusun konsep strategi operasional pertahanan laut yang efektif sebagai implementasi dari Strategi Pertahanan Nusantara. maka perlu dilaksanakan Focus Group Discussion ini, ungkap Pangkoarnada III.

Adapun narasumber dalam kegiatan Focus Group Discussion koarmada III kali ini adalah  Kapoksahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ridwan Prawira, S.T., M.Han., Asintel Koarmada III Kolonel Laut (P) Tommy Herlambang, S.E, dan  GM Pertamina RU VII Kasim Yodia Handhi Prambara, serta narasumber yang hadir secara vicon yaitu Asops Kepala Staf Koopsud III Biak Kolonel PNB Donie Prihandono, Asops Kasdam XVIII/Kasuari Kolonel INF Romas Herlandes, dan juga Koordinator program studi Magister Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Pattimura Dr. Jemmy Jefry Pietersz, S.H., M.H.

Turut hadir dan mengikuti dalam kegiatan tersebut yaitu Kepala Staf Koarmada III  Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, ST., M.Si, Inspektur Koarmada III Laksamana Pertama TNI Azil Sadagori Achmad, S.A.P., CRMP., serta Pejabat Utama Koarmada III, dan terhubung secara vicon yaitu Lantamal serta Lanal yang ada dibawah jajaran Koarmada III. 

(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar