BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

903 Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLII Gelombang 2 Resmi Tupdik

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 08 Maret 2023 | Komandan Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Danpuslatdiksarmil) Kodiklatal Kolonel Laut (P) Irwan S.P. Siagian resmi menutup pendidikan sebanyak 903 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XLII  Gelombang 2 tahun 2022, bertempat di Lapangan Kawah Chandradimuka Puslatdiksarmil, Juanda Sidoarjo. Rabu (08/03/2023).

Sebanyak 903 Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLII Gelombang 2 tersebut terdiri dari 829 Siswa Pria, dan 74 Siswa Wanita telah mengikuti Pendidikan di Puslatdiksarmil selama lima bulan, yang terdiri dari  Pendidikan Dasar Prajurit (Diksarit) selama tiga bulan dan Pendidikan Dasar Golongan (Diksargol) selama dua bulan. Selanjutnya Kamis, (09/03) besok mereka akan dilantik dan diambil sumpah oleh Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono dan berhak menyandang pangkat Sersan Dua.

Usai pelantikan, mereka akan melanjutkan Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan (Diksargolan) di Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla), Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) dan di Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) selama 5-6 bulan. Sementara itu predikat sebagai Siswa Terbaik diberikan kepada Amzar Ghausie E1-02 kejuruan Marinir, dengan asal pendaftaran Lantamal I Belawan.

Komandan Puslatdiksarmil dalam amanatnya bahwa beberapa saat yang lalu pendidikan siswa Dikmaba TNI AL Angk. XLII Gel. II TA 2022 secara resmi telah dinyatakan ditutup yang selanjutnya para siswa akan meneruskan pendidikan sesuai dengan kejuruan masing-masing.

“Para siswa hendaknya bersyukur dapat berhasil dengan baik tanpa kendala, seiring dengan waktu para siswa yang belum maksimal baik dari fisik, kesehatan, maupun akademik agar ditingkatkan lagi untuk mengejar ketinggalan mencapai yang lebih baik dan menjadi perajurit TNI AL yang handal dan mumpuni,” kata Kolonel Irwan.

Menurutnya, penutupan upacara pedidikan dasar bukanlah akhir akan tetapi masih ada proses panjang untuk mencapai menjadi prajurit Bintara TNI AL, dengan bekal kemampuan dan ketrampilan selama di Puslatdiksarmil akan berguna untuk mengikuti pendidikan di kejuruan masing-masing. “Para siswa sekalian agar selalu menjaga perilaku agar tidak berbuat menyimpang dari aturan yang ada, hindari keinginan yang melanggar pendidikan yang dapat menjerumuskan hingga dikeluarkan dari TNI AL,” tegas Komandan Puslatdiksarmil yang berpesan kepada para Sersan Muda kebanggaan TNI AL.

Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL melalui Pendidikan Dasar Militer ini merupakan prioritas utama Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali yang menekankan pentingnya pendidikan yang menjadi faktor utama pembentukan prajurit dengan pertimbangan berputarnya roda sebuah organisasi akan bertumpu pada kemampuan sumber daya manusianya.


Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal

Posting Komentar

0 Komentar