BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Cetak Prajurit Pasukan Khusus Yang Profesional, Pusdiksus Kodiklatal Gelar Tiga Lattek Siswa

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 20 Februari 2023 | Untuk mencetak prajurit pasukan khusus TNI AL yang profesional dan tangguh maka diperlukan bekal pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Karena itulah Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) melalui Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus) Kodikopsla, akan menggelar latihan praktek atau lattek bagi siswa yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Komando Pasukan Katak (Sekopaska) dan Sekolah Selam (Seselam).

Hal tersebut terungkap saat Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono memimpin langsung rapat paparan rencana kegiatan Latihan Praktek Keparaan Siswa Dikkopaska XLVI TA 2022, dan Renlattek Penyelaman, Kerja Penyelaman dan Demolisi Siswa Dikpenyelam LIII TA 2022, di Ruang Rapat Utama Mako Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin (20/02/2023).

Selain Dankodiklatal, pejabat yang hadir dalam paparan tersebut Wadan kodiklatal Laksda TNI Rachmad Jayadi, Inspektur Kodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol, Kapokgadik Kodiklatal Brigjen TNI Mar Ichwan Dargianto, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik, Komandan Puslat dan Komandan Sekolah di jajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula para Paban di bawah Direktorat Pendidikan Kodiklatal.

Dalam kesempatan tersebut paparan pertama yakni Lattek Keparaan Siswa Dikkopaska XLVI TA 2022 disampaikan oleh Komandan Sekopaska Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha, yang menyebutkan bahwa Lattek akan dilaksanakan selama 30 hari kerja yakni dari awal Maret hingga pertengahan April 2023 di Lanudal Juanda Surabaya, dengan peserta sebanyak 55 orang siswa. Lattek terbagi dua tahap, yakni Tahap Terjun Statik dan Tahap Free Fall.

Berikutnya paparan kedua Lattek  Penyelaman, Kerja Penyelaman dan Demolisi Siswa Dikpenyelam LIII TA 2022 oleh PJS Komandan Seselam Letkol Laut  (S) Suwandi. Menurut rencana ketiga lattek tersebut akan dilaksanakan selama 38 hari dari akhir Februari hingga awal April 2023, di tiga lokasi berbeda yakni untuk di luar pangkalan dilaksanakan di Pasir Putih dan Banongan, sementara di dalam pangkalan dilaksanakan di Koarmada II dan Seselam. Adapun siswa yang mengikuti lattek sebanyak 26 orang.

Menanggapi rencana lattek tersebut, Dankodiklatal menyampaikan agar semua latihan dilaksanakan oleh siswa dengan sungguh -sungguh dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh Pelatih atau Instruktur . Hal ini untuk meminimalisir atau mencegah terjadinya kecelakaan baik personel dan material selama latihan berlangsung.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal

Posting Komentar

0 Komentar