BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

714 Warga Mendapatkan Layanan Pelayanan Medis di Ponpes Walisongo Pecangan Jepara

JEPARA | Ratusan santri dan warga masyarakat ikuti kegiatan pelayanan medis masyarakat di sekitar Ponpes Walisongo, desa Pecangaan Kulon, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara bertempat di SMK Unggulan  Walisongo Pecangaan Jepara  ( Minggu  08/06/2024).

Pelayanan Medis Masyarakat ini diadakan Djarum Foundation berkolaborasi dengan YBSI (Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku) dan pihak Pondok pesantren.  

Pengasuh Ponpes Walisongo KH Adib Khoiruzzaman diwakili Pembina Yayasan  KH Sukri Sukarli menyampaikan rasa terima kasih dam  mengapresiasi kegiatan yang digelar di pondoknya.  ''Terima kasih untuk perhatian yang diberikan berbagai pihak kepada kami utamanya Djarum Foundation dan YBSI sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar. Mari kita manfaatkan kesempatan yang baik ini untuk mengecek kesehatan warga masyarakat sekitar ponpes bersama para kiai, ustadz, ustazah, pengurus  pondok, dam para santri,'' papar Mbah Sukarli , demikian biasa dipanggil.

Perwakilan Djarum Foundation, Masyu Sigit Kurniawan menyampaikan  program pelayanan medis masyarakat ini merupakan upaya Djarum Foundation ambil bagian pada peningkatan kesehatan masyarakat khususnya di sekitar pesantren.  ''Pelayanan Medis ini sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar pondok pesantren, termasuk para santri, pengurus, dan pengasuh pondok pesantren,'' paparnya. 

Lebih lanjut Djarum Foundation mengapresiasi dukungan YBSI  juga para santri  Pesantren Walisongo yang sudah terjun membantu kegiatan ini terutama melayani masyarakat yang hadir.

Founder YBSI  Dr. dr. Hisnindarsyah Sp.KL(K) SE M Kes MH CFEM, FISQua ,FRSPH  mengatakan pada kegiatan kali ini selain pemeriksaan kesehatan umum dan pemeriksaan gigi, ada tambahan layanan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan oleh spesialis penyakit Telinga Hidung Tenggorokan( THT)   bagi warga bila diperlukan.

“Pada kegiatan kali ini paling banyak ditemukan warga menderita penyakit hipertensi, osteoartritis pada masyarakat umum dan penyakit kulit serta faringitis juga ISPA pada santri.  Selain kuratif kami juga memberikan edukasi (preventif) sehingga nantinya warga dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut dengan cara mandiri. Selain itu kami juga menurutkan mobile dental unit gigi sehingga layanan kesehatan lebih profesional ” kata Hisnindarsyah.

Team baksos  YBSI yang terlibat dalam kegiatan ini  sebanyak 35 orang  terdiri dari  dokter umum 6 orang, dokter spesialis THT 2 orang,  Dokter Muda ( DM) 3 orang, dokter gigi dan asisten 2 orang,    perawat/nurse  sebanyak 9 orang,  Assisten Apoteker dan team obat 5 orang,  team laborat 2 orang dan team driver serta relawan 6 orang. Pelayanan kesehatan diberikan kepada pasien umum  404 orang,   pasien santri 172 orang ,  pasien gigi 56  orang,  pasien spesialistik THT 85  orang sehingga jumlah total 714  orang.

Turut hadir dalam kegiatan baksos antara lain Camat Pecangaan Karna Nejeng   Kepala SMK Irbab Aulia Amri, Puskesmas Pecangaan Dr Kusuma Dewi.

Pelayanan Medis Masyrakat merupakan kegiatan rutin yang dilakukan melalui program Djarum Sumbangsih Sosial. Sejak tahun 2014, kegiatan ini telah melayani pemeriksaan medis lebih dari 70.000 warga masyarakat di Jawa Tengah & Jawa Timur. Djarum Sumbangsih Sosial telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya baksos pelayanan kesehatan dan khitanan massal, peningkatan kualitas panti asuhan, satgas pencegahan kebakaran dan bantuan penyediaan air bersih.(HSD/SUBUH/YBSI)

Posting Komentar

0 Komentar