BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Diresmikan Pembukaan Program Studi Dokter Spesialis Kelautan Universitas Hang Tuah, Targetkan Jadi Pusat Unggulan Kesehatan Maritim Dunia

Surabaya, (26/03) | Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya menggelar acara tasyakuran dan buka bersama dalam rangka pembukaan Program Studi Dokter Spesialis Kelautan (SpKL) di Fakultas Kedokteran Surabaya pada Senin, 25 Maret 2024. Hadir dalam acara tersebut Rektor UHT Prof. Dr. Ir. H. Supartono, M.M., CQIaR., Wakil Rektor I-III, Kepala Kepala Rumah Sakit Pusat TNI AL ( KARSPAL) Dr.Ramelan Surabaya, KALAKESLA,  pejabat utama UHT, dekan, dosen, Kaprodi SpKL, Ketua Ikatan Wanita Persatuan (IPW) Ibu Retno Supartono beserta pengurus.

Dalam sambutannya, Rektor Supartono mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga ibadah diterima oleh Allah SWT serta selalu diberikan kesehatan dan kekuatan. Sesuai dengan visi UHT yaitu Menjadi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemaritiman dan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) Kelautan yang Berkelas Dunia.

Didorong oleh rasa cinta tanah air dan tanggung jawab terhadap kehidupan serta kelangsungan hidup bangsa, khususnya dalam usaha untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa guna melahirkan dan membina sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang kelautan. Pendidikan yang dimaksud yaitu Pendidikan yang berwawasan kelautan, sehingga dapat mendukung tersedianya sumber daya manusia yang ahli dan terampil dalam dunia Kesehatan kemaritiman dan kelautan, dalam jumlah yang memadai.

FK UHT berdiri pada tanggal 12 Mei 1987 dan saat ini terakreditasi Unggul sehingga dapat mendirikan Program Studi Spesialis Kedokteran Kelautan sesuai visi dan misi UHT. Acara ini diselenggarakan dalam rangka Pembukaan Pendidikan sekaligus Tasyukuran PPDS Kedokteran Kelautan. Pihak rektorat sangat mendukung sepenuhnya berdirinya prodi Spesialis Kedokteran Kelautan ( Sp.KL) ini. Rektor berpesan kepada Kaprodi dan Sekprodi serta Para Dosen Sp KL, agar mengembangkan terus PPDS Kedokteran Kelautan ini, melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Beliau menyampaikan bahwa pembukaan Program Studi SpKL ini merupakan yang pertama di Jawa Timur dan se-Indonesia setelah Universitas Mataram.

Dekan FK UHT  dr Djatiwidodo, M.Kes., SpKL.  subsp.PH(K)  menegaskan, Spesialis Kedokteran kelautan sdh diprakarsai sejak thn 2014, oleh dokter-dokter TNI  Angkatan Laut dan baru thn 2024 ini terwujud di FKUHT. Dan saat ini menerima 4 Mahasiswa. Selanjutnya FKUHT Berencana Membuka Spesialis Obtetri Ginekologi (Sp OG).  Atas nama Civitas Akademika FKUHT , selaku Dekan mengucapkan terima kasih pada Rektor dan jajaran Rektorat atas dukungannya sehingga Prodi Spesialis Kedokteran Kelautan( Sp.KL) dapat  terwujud.

Dr Djati juga menjelaskan pemberian batasan umur 40 Tahun Peserta PPDS. Peserta PPDS  Akan menjalani pendidikan 7(Tujuh)  Semester. FK UHT  juga akan mengandeng Lembaga Kesehatan Kelautan TNI AL (LAKESLA) Drs Med  Riyadi Sastropanolar,  Phys. yang  memiliki hyperbaric chamber.

“Prodi SpKL ini akan mendidik calon spesialis yang memiliki pemahaman terhadap kedaruratan penyelaman dan terapi oksigen hiperbarik. Harapannya FK UHT melalui prodi SpKL akan menjadi center of excellent pendidikan kedokteran kelautan dunia tahun 2030,” ujar Kaprodi Kelautan Dr. Hisnindarsyah, dr., Sp.KL, Subsp.KT(K)., S.E., M.Kes., MH. C.FEM., FISQua, FRSPH. Acara dilanjutkan dengan penyematan almamater kepada perwakilan residen dan pemotongan tumpeng sebanyak dua kali. Tumpeng pertama dipotong oleh Rektor dan diberikan kepada Dekan Kedokteran, sedangkan tumpeng kedua dipotong oleh Wakil Rektor I dan diberikan kepada Kaprodi SpKL. Setelahnya, digelar buka bersama yang dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjemaah dipimpin oleh Kaprodi Spesialis Kedokteran Kelautan( Sp.KL).

(Humas UHT)

Posting Komentar

0 Komentar