BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Pelajar Jabodetabek Beraksi: Tolak Pendidikan Politik Negatif dan Ujaran Kebencian di Pemilu 2024

Jakarta |  Ratusan pelajar dari wilayah Jakarta Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mendeklarasikan untuk menolak ujaran kebencian dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Para pelajar dari Pemuda Indonesia Center (PIC) bersama Blok Pelajar Politk Melawan itu melakukan deklarasi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (09/02/2024). Sebelum melakukan deklarasi, ratusan pelajar itu melakukan konvoi dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Salah satu pelajar dari SMK Yapia Parung, Abdul Faqih Ramadhani mengatakan menjelang pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 para pelajar berharap tidak ada ujaran kebencian kepada salah satu pasangan calon yang ikut dalam kontestasi politik di Pilpres.

"Kami harap tak ada lagi ujaran kebencian kepada siapa pun," kata Faqih.

Meski berbeda dalam menentukan pilihannya di Pemilu 2024, namun masyarakat Indonesia harus tetap bersatu padu.

"Ini sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, 'Meskipun kita berbeda-beda, tapi kita tetap satu jua," ucapnya.

Sehingga tambah dia, pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan aman, lancar dan damai. 

Dalam pernyataannya, para pelajar menghimbau agar tdak ada lagi penyebaran berita hoaks serta ujaran kebencian, sehingga upaya-upaya menjelekkan simbol negara dan presiden dapat menimbulkan perpecahan. Pelajar juga meminta semua elemen yang terlibat dalam pesta demokrasi agar dapat memberikan pendidikan politk yang baik bagi pemuda dan pelajar.

"Kami menuntut agar tdak adalagi tindakan adu domba di semua kalangan termasuk polarisasi pemuda dan pelajar hanya karena janji politk, janji jabatan serta praktek money politic," paparnya.

Para pelajar juga meminta kepada para pakar, akademisi dan politisi untuk menjadi contoh yang baik bagi para pemuda dan pelajar dalam menyikapi dan berkontestasi dalam pesta demokrasi Pemilu 2024.

KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Posting Komentar

0 Komentar