BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Kapoksahli Koarmada III Buka Briefing Awal Latihan LKO Koarmada III TA 2024

Sorong PBD (TNI AL/ Koarmada III) |  Panglima Komando Armada (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr. Opsla, yang diwakili Kapoksahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ridwan Prawira, S.T., M.Han., membuka Briefing Awal Latihan Penyiapan Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) Koarmada III Tahun Anggaran 2024, bertempat di Gedung Serbaguna Mas Pardi Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat Daya, Senin (26/02/24).

Dalam sambutan Panglima Koarmada III selaku Direktur Latihan pada Latihan tersebut, dikatakan bahwa sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004, Tugas Pokok TNI dilaksanakan dengan menyelenggarakan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Salah satu fungsi dari OMSP adalah membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (SAR) dan Koarmada III sebagai salah satu unsur pelaksana Koarmada RI, memandang perlu untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional unsur-unsur Koarmada III dalam menghadapi kontijensi tersebut.

Untuk itu dilaksanakan Latihan Penyiapan Latihan Kesiapsiagaan Operasi, guna melatih unsur-unsur operasi Koarmada III, dimana dalam latihan ini akan dilatihkan kemampuan Koarmada III dalam pemberian tugas perbantuan kepada komponen utama operasi SAR di wilayah kerjanya, kerjasama dan keterpaduan antar instansi terkait serta untuk menguji rencana operasi," ungkap Pangkoarmada III.

Diakhir sambutannya Pangkoarmada III mengharapkan kepada seluruh peserta latihan agar berlatih dengan serius untuk mencapai sasaran latihan, yakni terpeliharannya kemampuan, terbinanya kesiapan operasional, dan tercapainnya kesamaan pola pikir dan pola tindak antar unsur-unsur operasi Koarmada III dan antara Koarmada III dengan instansi/ satuan samping terkait pada operasi pencarian dan pertolongan di laut.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, yaitu Inspektur Koarmada III Laksamana Pertama TNI  Azil Sadagori Achmad, S.A.P., CRMP., Komandan Lantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo, Pejabat Utama Koarmada III dan Lantamal XIV, serta Pejabat Instansi terkait dari SAR Sorong, Polairud Papua Barat Daya, dan BMKG Sorong.

Kadispen Koarmada III/Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat

Posting Komentar

0 Komentar