BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Angwasda II Yayasan Hang Tuah Tinjau Baksos Kesehatan Gigi dan Mulut Di TK Hang Tuah 3 Surabaya

Surabaya, (25/08) | Ny. Peni  Yayan Sofiyan   belum genap 3 minggu menempati jabatan sebagai  Anggota Pengawas Daerah II Yayasan Hang Tuah , Jum'at (25/08/23) meninjau pelaksanaan  Bakti Sosial  Penyuluhan  Kesehatan Gigi dan Mulut di satuan pendidikan TK Hang Tuah 3 Jalan Sarpawisesa Wonosari Ujung Surabaya.

Pelaksanaan Bakti Sosial Kesehatan kali ini dalam rangka menyambut HUT KE-78 TNI AL Tahun 2023 ,  dengan mengambil tema "DENGAN SEMANGAT JALESVEVA JAYAMAHE TERUS MALAJU UNTUK INDONESIA MAJU" . Kadiskes Koarmada II Kolonel Laut (K) dr. Imam Hidayat, Sp.S.,  FINA selaku ketua Panitia Baksos Kesehatan mengambil langkah untuk menyasar SD Hang Tuah 3 yang tidak jauh lokasinya dari Koarmada II.

Koordinasi yang intens antara Kadiskes Koarmada II Kolonel Laut (K) dr. Imam Hidayat, Sp.S., FINA dengan Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP  yang akhirnya terjadi kesepakan untuk melaksanakan  Bakti Kesehatan berupa Penyuluhan  Kesehatan Gigi dan Mulut bagi anak-anak di TK Hang Tuah 3 yang bernaung di Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah atas restu Angwada II Ny Peni Yayan Sofiyan  dan Angwascab  Surabaya Ny. Dian Eko Wahyono beberapa hari sebelum pelaksanaannya ( 25/08/23).

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan mulut dilaksanakan oleh Lettu Laut (K/W) drg. Dyah Selvia Putri dengan memberika teori dan praktek yang dikemas agar  mudah di fahami oleh anak-anak TK Hang Tuah 3 diantara menyampaikan susunan gigi, cara merawat  gigi dengan gosok gigi setiap hari,  teknik menggosok gigi yang benar, pemilihan sikat gigi dan pemilihan pasta gigi yang sesuia dengan kebutuhan.

Karumkit dr.Idris .P Siregar Denma Koarmada II May Laut (K/W)  dr. Agustin Silvia Rahayu, Sp. KFR sebagai motor penggerak di lapangan pelaksanaan  penyuluhan kesehatan  bersama Kasatdik TK Hang Tuah 3  Sudarti, S.Pd menyiapkan seluruh sarana dan prasarananya untuk peserta yang terdiri dari anak-anak  TK  A .40 anak, TK B. 34 dan playgrup 24 sehingga jumlahnya 99 anak.

Kasatdik TK Hang Tuah 3  Sudarti, S.Pd  juga menjelaskan kepada awak  media bahwa  dengan adanya penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang di sampaikan oleh Dinas Kesehatan Koarmada II dengan teori dan   praktek yang sangat menarik sehinga anak-anak senang dan mengerjakannya, apalagi kegiatan  ini baru pertama kali di laksanakan sejak TK Hang Tuah 3 berdiri di tahun 1968 yang diawalnya  berada di Jln Telaga III kemudian tahun 1982 berpindak ke Jln Sarpawisesa Wonosari Ujung Surabaya . Kasatdik menambahkan bahwa "orang Tua siswa juga tekun menunggi kegiatan ini dan sangat memberikan apresisai model pembelajaran seperti ini, mudah-mudahan ini akan memberikan dampak positif bagi PPDB tahun depan", akunya. 

Harapannya bahwa dengan adanya penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ini anak-anak akan tertanam sejak dini untuk menjaga kesehatan, dapat menggosok gigi sejak dini  karena pembelajaran/ konsep dasar  terbaik itu dilaksanakan saat anak-anak usia dini/ usia  0-8 tahun.  Penyuluhan kesehatan ini merupakan  pembelajaran yang kongkrit seperti apa yang dilasanakan oleh dokter dan paramedis dari Diskes Koarmada II pagi ini. Apalagi didukung dengan hadirnya  para pejabat Angwasda II, Angwascab, Kepeng YHT, Kadiskes, anak-anak lebih termotivasi menjaga kebersihan, kesehatan  gigi  dan dapat bermimpi untuk kelak bisa menjadi pemimpin seperti para pejabat yang hari ini hadir di TK Hang Tuah 3.

Angwasda Ny. Peni Yayan Sofiyan pada kesempatan kunjungan ke TK Hang Tuah 3 juga menyempatkan  diri untuk memberikan bantuan makanan siap saji kepada seluruh anak-anak TK Hang Tuah 3, guru dan karyawan.  Sebaliknya  ada 2 siswa yang menyerahkan hasil lukisanya kepada Angwasda II dan Angwascab Surabaya, mereka ini  adalah pemenang lomba lukis  tingkat anak-anak TK   se Surabaya yang diadakan oleh Koarmada II belum lama ini.

Turut mendampingi Angwasda II Ny. Peni  Yayan Sofiyan peninjauhan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut selain Angwascab Surabaya Ny.  Dian Eko Wahyono, Kapeng YHT Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP  seluruh pengurus Inti Cabang Surabaya ,Sekertaris Niken Dyah Puspitorini , S.Pd, Bendahara Hestanofia , S.E, Kabiddik Dra. Ramayanti , Kabidbang  Kolonel (Purn) Herlinawati serta orag tua anak-anak yang dengan setia menunggui walau samapai siang hari.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar