BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Tindak Lanjut Arahan Presiden Hingga Panglima TNI, Kodiklatal Gelar Rapat Staf dan Komando Tahun 2023

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 21 Februari 2023 | Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) menggelar Rapat Staf dan Komando (Rasko) Tahun 2023, sebagai upaya tindak lanjut dari pelaksanaan Rapim Kemhan RI, Rapim TNI-Polri, Rapim TNI  serta Rapim TNI AL. Rasko Kodiklatal dipimpin Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letnan Jenderal  TNI Marinir Suhartono yang dilaksanakan di Gedung Moeljadi Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Selasa, (21/02/2023).

Rasko Kodiklatal yang dilaksanakan selama satu hari tersebut diikuti 136 Pejabat Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal dan Pejabat Utama Kodiklatal, para Direktur, Komandan Kodik, Komandan Pusdik hingga Komandan Sekolah dan Satuan di jajaran Kodiklatal. Dan juga  diikuti melalui sarana video conference (Vicon) oleh  pejabat yang berada di luar Surabaya antara lain Komandan Pusdikhidros dan jajararannya di Jakarta, Komandan Sekesal Jakarta dan Komandan Sekesal Makasar.

Kegiatan Rasko diawali Pembukaan dan  menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan ketua panitia Paban 1 Renprogar Ditum, Pembacaan Doa, Pembukaan Rasko Tahun 2023 oleh Dankodiklatal, Paparan Inspektur Kodiklatal, Paparan Kapokgadik Kodiklatal, dan paparan dari para direktur yakni Direktur Doktrin (Dirdok Kodiklata), Direktur Pendidikan (Dirdik Kodiklatal), Direktur Pengkajian dan Pengembangan (Dirjianbang Kodiklatal), Direktur Latihan (Dirlat Kodiklatal), dan Direktur Umum (Dirum Kodiklatal). Dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipimpin Dankodiklatal, penyampaian arahan dan kebijakan Dankodiklatal.

Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rasko Kodiklatal merupakan tindak lanjut dari hasil Rapim Kemhan Tahun 2023, Rapim TNI Polri, Rapim TNI  dan Rapim TNI AL Tahun 2023, sebagai sarana menyampaikan berbagai kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah , Menteri Pertahananan RI, Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut guna dipedomani dan diimplementasikan oleh satker jajaran Kodiklatal dalam merencanakan berbagai program kegiatan dan anggaran sesuai arah pembangunan TNI AL.

Rasko Kodiklatal Tahun 2023 yang mengusung tema “ Kodiklatal Siap Membentuk Prajurit Matra Laut Yang Profesional Dan Tangguh Sebagai Patriot NKRI Guna Menjaga  Kedaulatan Di Laut “ , memiliki makna yang sangat penting dan strategis karena sebagai wahana komunikasi dua arah antara Komandan Kodiklatal dengan para pembantu pimpinan Staf Komandan Kodiklatal dan Kasatker di lingkungan Kodiklatal untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan dan permasalahan yang dihadapi selama tahun 2022 serta membahas kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2023.

Selain menyampaikan kebijakan Presiden RI  dan Menhan RI, dalam Rasko Kodiklatal tersebut juga disampaikan program prioritas Panglima TNI Tahun 2023 sebagai hasil dari Rapim TNI Tahun 2023 dan pokok pokok kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali tahun 2023 salah satunya Empat Pilar TNI AL yakni Personel, Kesiapan Tempur, Perencanaan Efektif, dan Tugas Tuntas.

Jelang penutupan Rasko, Dankodiklatal menyampaikan sejumlah kebijakan pokoknya terkait tugas pokok Kodiklatal sebagai lembaga pendidikan. Diantaranya  wujudkan hasil didik yang punya nilai kejuangan sebagai patriot NKRI, profesional, menguasai aspek akademis dan memiliki keterampilan serta kesamaptaan yang tinggi, juga andal, berkarakter, bermoral, berani & adaptif.

Dankodiklatal juga menekankan sejumlah hal untuk dipedomani bersama seluruh jajaran Kodiklatal, antara lain selalu asah dan bina profesionalisme personel untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan operasional pendidikan, optimalkan sinergitas antar bagian dalam pelaksanaan tugas, mampu berfikir kreatif dengan mengembangkan ide dan inovasi baru yang bermanfaat bagi organisasi. Khusus untuk  Satdik 1, 2 & 3 agar optimalkan kemampuan komponen pendidikan , supaya mampu hasilkan lulusan yang profesional dan  tangguh.


Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal

Posting Komentar

0 Komentar