BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Berorganisasi Sosial Itu Santai Saja

Oleh : *ROMO DAN BUNDA*

Organisasi, apapun bentuk dan latar belakang yang mendasarinya tetap secara umum memiliki kesamaan dalam tujuan, yakni tempat berkumpul orang-orang yang memiliki kesamaan dalam visi dan misi. Sehingga dengan kesamaan visi dan misi itu komunikasi lebih mudah dilakukan dan tujuan Organisasi lebih mudah untuk diujudkan.

Memang, kadang dengan latar belakang yang tidak sama, pengalaman dan pemahaman dalam berorganisasi yang berbeda, ditambah waktu atau Time Line yang mempertemukan masing-masing personal dalam sebuah organisasi juga berbeda, maka ketidak sepahaman dalam mewujudkan visi Organisasi kerap terjadi, diawali tentunya faktor komunikasi yang belum satu frekwensi. 

Ditambah lagi, ini yang harus dihindari, yakni kepentingan pribadi dan kepentingan politik, bila dua hal terakhir ini yang dikemukakan dalam sebuah organisasi sosial maka tentu akan timbul kebuntuan komunikasi, akan muncul ketidak sepahaman dalam melaksanakan tujuan Organisasi. Akhirnya terjadi saling serang, saling sindir dan saling menunjukkan kelebihan masing-masing. Padahal tujuannya sama yakni membesarkan organisasi. Lalu kalau sudah tujuan sama, kenapa harus berbeda pandangan dan bertelikah juga ?.

Tentu untuk menyikapi hal ini harus kembali ditanya kepada diri sendiri, untuk apa kita hadir disebuah organisasi, apakah membawa misi pribadi, atau benarkah untuk menjalin silaturahmi, menambah pengalaman dan membesarkan organisasi dalam rangka berbakti dan mengabdi untuk negeri.

Dan kiranya, berpikir positif dan berbaik sangka atas semua dinamika, saran masukan, ataupun perbedaan pandangan dalam sebuah kumpulan manusia yang berbeda adalah sebuah ujud Demokrasi di negeri bertuah ini. Bukankah berbeda itu Rahmat dari Rabbal 'aalamiin?

Jadi, yok kita santai saja menjalani proses ini, dan tetap jaga silaturahmi.


_Januari, Minggu ke Tiga_

_Markas Cabang Kota Padang_  

_ Di Bukit Gado-Gado Hari Ini_

Posting Komentar

0 Komentar