BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

201 Siswa SD Hang Tuah 6 Plus Jakarta Ikuti Pesantren Ramadhan 1445 H/2024

Jakarta, (22/03) | Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang iman dan taqwa, pada Ramadhan 1445 H/2024 SD Hang Tuah 6 Plus Jakarta yang bernaung di Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah, selama 3 (tiga) hari  mulai  20  s.d. 22 Maret  2024. menyelenggarakan kegiatan Pesantren  Ramadhan  untuk kelas 1 hingga kelas 6 yang diikuti oleh sejumlah 201 siswa.

Kegiatan Pesantren Ramadhan diawali dengan  upacara pembukaan yang dilaksanakan di serambi masjid sekolah Al Azka, kegiatan upacara pembukaan ini dihadiri Kasatdik/ Kepala Sekolah, panitia ( guru dan siswa), penyaji materi, termasuk penyaji materi dari luar sekolah.

Kasatdik SD Hang Tuah 6 Plus Jakarta Sri Maningsih, S.Pd.I., M.M dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal diantaranya , kegiatan Pesantren  Ramadhan ini wajib diikuti oleh siswa kelas 1 hingga kelas 6 yang beragama Islam, peserta Pesantren  Ramadhan harus mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan mentaati jadwal yang telah disusun panitia, di bulan Ramadhan diharapkan banyak berbuat amalan-amalan yang baik karena surga merindukan orang-orang yang berbuat baik (amalan sholat, tadarus Al Qur’an, sedekah dan amalan-amalan lainya).

Materi Pesantren  Ramadhan meliputi : sholat dhuha berjamaah, tadarus Alquran, mendongeng sejarah Islam, pemutaran film kisah nabi,  materi rukun iman, sholat jenazah, materi olah raga panahan, lomba mewarnai dengan tema Ramadhan, lomba adzan dan doa. Semua kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa tempat antara lain di masjid Al Azka  SD Hang Tuah 6 Plus, halaman sekolah dan di ruang kelas.

Berbagai materi  tersebut di kemas oleh panitia Pesantren  Ramadhan 1445 H SD Hang Tuah 6 Plus Jakarta dengan melibatkan para bapak/ibu guru yang beragama Islam, guru agama Saderi, S.Ag, guru eskul agama dan ada pemateri dari luar dari Badan Waqaf Alquran.

Pada saat mengikuti Pesantren Ramadhan, siswa juga di berikan pengetahuan tentang  pembayaran zakat fitrah dimana setiap siswa yang wajib zakat, wajib mengeluarkan zakat fitrah sebanyak 3 kg beras atau uang sebesar Rp 50.000,- yang selanjutnya  akan diserahkan kepada yang berhak menerima dan menurut rencana zakat tersebut akan di bagikan awal bulan April 2024.

Secara umum kegiatan Pesantren  Ramadhan tahun ini berjalan lancar sesuai dengan jadwal dan tujuan, mulai dari kehadiran penyaji materi, kehadiran siswa maupun keaktifan siswa mengikuti Pesantren Ramadhan,  karena adanya Pesantren Ramadhan sekaligus mengingatkan kepada siswa tentang pentingnya tetap istiqomah dalam menjaga akhlakul karimah, melaksanakan sholat dan membaca Al Qur’an setiap hari.

Kasatdik SD Hang Tuah 6 Plus Jakarta Sri Maningsih, S.Pd.I., M.M dalam penyelenggaraan Pesantren Ramadhan 1445 H ini melibatkan sejumlah guru antara lain : Saderih Jaiman, S.Ag, Ratna Tetrawarni, S.Pd, Achmad Aviantara, S.Kom , Intan Tribuana, S.Pd,mWiwerni Ceasmiati, S.Pd, Rico Wibowo, S.Pd, Angi Mesin, S.Pd, Qomaruzzaman, S.Pd, Ibu Robiyatul Adawiyah, Ibu Amanah Roh'ma dan Kak Ansori , kesemuanya tersebut selalu mendampingi siswa selama perjalanan Pesantren Ramadhan sekaligus sebagai pemateri.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar