BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI "SEGELAS KOPI"

Kodiklatal Terima Sosialisasi Pemadanan NIK-NPWP dan Pelaporan SPT Tahunan

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 13 Maret 2023 | Para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Kodiklatal) menerima sosialisasi pemadanan NIK-NPWP dan pelaporan SPT tahunan pegawai di Gedung Mulyadi, Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Senin, (13/03).

Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono  menyampaikan apresiasi pada kegiatan sosialisasi ini, karena pengetahuan dan wawasan yang disampaikan sangat penting dalam rangka meng-edukasi anggota Kodiklatal, dimana terdapat aturan terbaru perpajakan yang tertuang  dalam undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP), bahwa saat ini telah dilakukan transisi NIK menjadi NPWP dan untuk melaksanakan kewajiban perpajakan melaporkan SPT tahunan  melalui  E-filing. 

Dalam kesempatan tersebut para personel Kodiklatal juga menerima sosialisasi dari BRI tentang asuransi personal bila ada anggota yang mengalami musibah kecelakaan, sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara TNI AL dengan BRI melalui rekening perorangan pembayaran gaji.

 “Saya berharap kita semua memahami dengan baik dan dapat melakukan pemadanan NIK-NPWP dalam mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam program satu data. Program pemerintah ini sebagai upaya untuk memudahkan dalam memberikan layanan administrasi kepada masyarakat hanya dengan menggunakan NIK sebagai identitas tunggal,” kata Dankodiklatal.

Menurut Dankodiklatal, penggunaan NIK menjadi NPWP ini, juga akan memudahkan masyarakat dalam mengakses seluruh layanan perpajakan di masa yang akan datang, sehingga seluruh personel hanya perlu mengingat NIK untuk melakukan kegiatan perpajakan tanpa perlu menghafal NPWP lagi.

“Dalam sosialisasi ini kita juga akan memahami mengenai sanksi dan konsekuensi jika tidak melakukan pemadanan NIK sebagai NPWP, karena Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI, akan memberlakukan NIK  secara penuh sebagai NPWP pada 1 Januari 2024, namun dalam masa transisi ini, masih diberikan toleransi waktu pemadanan hingga 31 Desember 2023,” ujar Letjen TNI Marinir Suhartono.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pengarahan oleh Kakuwil Kodiklatal Kolonel Laut (S) Johannes Tambunan dan Kaakun Kodiklatal Letkol Laut (S) Andi Asmoyo kepada para Akun, BP, BPP, Operator Sakti dan Juru Bayar. Selain itu seluruh personel Kodiklatal menerima sosialisasi tentang pajak dari Asisten Penyuluh Pajak Mita Prajna Paramita, dan sosialisasi tentang asuransi personel yang disampaikan oleh Funding Transaction Manager BRI Surabaya Tanjung Perak Ika Yuliana dan Relationship Manager BRI Surabaya Tanjung Perak Bambang Wahyudi.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut yaitu, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Rachmad Jayadi, Ir. Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Amir Faisol, Kapokgadik Brigjen TNI Marinir Ichwan Dargianto, para Direktur di lingkungan Kodiklatal, para Dankodik, para Danpusdik, KPP Pratama Surabaya Krembangan Bapak Setiadi, Pemimpin Cabang BRI Surabaya Tanjung Perak Bapak Ganjar Nugraha, serta para personel Kodiklatal.


Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Posting Komentar

0 Komentar